Dunia Games

Akira Toriyama Ungkap Sejarah di Balik Sosok Super Saiyan God dan Super Saiyan Pertama dalam Sejarah!

Rahasia kebangkitan Super Saiyan God ternyata punya hubungan erat dengan masa lalu Kaum Saiyan dan planet asal mereka, Planet Sadala!

Pada kesempatan sebelumnya, kita sudah membahas mengenai zat rahasia di balik kekuatan Super Saiyan, S-Cell. Nah melanjutkan segmen tanya-jawab Akira Toriyama di majalah Saikyo Jump edisi 1 Desember 2017, sang mangaka legendaris itu kemudian membocorkan sejarah dan rahasia kebangkitan sosok Super Saiyan God yang berhasil diraih oleh Goku di film Dragon Ball Z: Battle of Gods.

Menariknya sosok Super Saiyan God ini ternyata punya hubungan erat dengan masa lalu Kaum Saiyan, Saiyan pertama yang yang berhasil mencapai Super Saiyan, dan planet asal mereka Planet Sadala! Wah ada kisah seru apa ya soal Super Saiyan God ini?

Super Saiyan God, Sang Saiyan dari Legenda?

Foto majalah: twitter.com/BonusStage

Yak seperti yang dibahas tadi, salah satu pertanyaan penting dalam segmen tanya-jawab itu adalah, "Apakah 'Super Saiyan legendaris' yang ditakuti oleh Frieza adalah Super Saiyan God yang muncul di film Battle of Gods?"

"Dalam arti tertentu, mereka adalah orang yang sama," tulis Toriyama. Ternyata hal ini menyangkut sejarah kemunculan Super Saiyan pertama di semesta Dragon Ball.

Toriyama mengungkapkan bahwa di masa lalu, jauh sebelum Goku lahir dan saat Kaum Saiyan masih menempati Planet Sadala, hidup seorang Saiyan berhati baik dan berjiwa lembut bernama Yamoshi. Mungkin karena jalan hidupnya tidak cocok dengan kehidupan Saiyan yang brutal, dia bersama lima orang temannya melakukan sebuah pemberontakan. Kalah dan terpojok oleh prajurit musuh, Yamoshi pun mengeluarkan kekuatan rahasia dan menjadi Super Saiyan pertama dalam sejarah!

Baca Juga: >> Sinopsis Dragon Ball Super 118: Hancurnya Dua Semesta, Waktu Turnamen Makin Tipis!

Perubahan wujud dan gaya bertarung Yamoshi sempat membuat Saiyan lain kaget. Akan tetapi karena kalah jumlah, Yamoshi akhirnya kehabisan tenaga dan berhasil dikalahkan. Setelah kejadian itu, jiwa Yamoshi berkelana mencari enam orang Saiyan berjiwa murni agar bisa memberikan mereka kekuatan Super Saiyan God.

Legenda Yamoshi ini juga tampaknya memiliki hubungan dengan kehancuran 'rumah asli' para Saiyan, Planet Sadala. Planet yang disebut mempunyai gravitasi 10 kali lipat lebih berat dari bumi itu dikatakan hancur karena konflik di antara Saiyan dan mereka pun pindah ke Planet Plant. Kemudian setelah mengalahkan penduduk asli planet itu, Kaum Tuffles, mereka mengubah namanya menjadi Planet Vegeta, mengikuti nama raja dan pendekar terkuat mereka saat itu. Bisa jadi kehancuran Sadala terjadi karena kekuatan Super Saiyan -- atau bahkan Super Saiyan God -- yang dikeluarkan oleh Yamoshi.

Legenda Yamoshi dan Super Saiyan God pun Terus Berlanjut

Legenda Yamoshi kemudian sampai di telinga Beerus sang Dewa Kehancuran. Pada suatu waktu dia diberitahu oleh Oracle Fish bahwa dia akan menghadapi seseorang dengan kekuatan besar dan setingkat yang dapat menghiburnya; yang disebut sebagai Super Saiyan God. Beerus lalu melihat kembali sosok Super Saiyan God dan jiwa Yamoshi dari mimpinya.

Tidak hanya itu, Toriyama menambahkan bahwa Kaum Namek juga mencatat kisah hidup Yamoshi ke dalam 'Buku Legenda' karena Tetua Namek merasa simpati terhadap jiwa Yamoshi yang murni dan tangguh. Buku Legenda sendiri ini disebutkan di Episode 9 anime Dragon Ball Super, di mana Shenlong mengatakan dalam buku itu tertulis ritual untuk membangkitkan kekuatan Super Saiyan God.

Sesuai dengan perjuangan Yamoshi melawan bangsanya sendiri, ritual Super Saiyan God membutuhkan enam Saiyan berjiwa baik dan murni untuk membuka kekuatan tersebut: lima orang melakukan upacaranya dan yang keenam sebagai penerima ki Super Saiyan God.

Akira Toriyama/Shueisha/Toei Animation

Di film Dragon Ball Z: Battle of Gods, ritual itu digambarkan dengan enam Saiyan berpegangan tangan dan membentuk lingkaran lalu mengirim ki mereka ke Saiyan yang akan berubah menjadi Super Saiyan God. Saat aura biru muncul maka ritual berhasil dan sang Saiyan keenam akan berubah wujud. Anime Dragon Ball Super menunjukkan proses yang sedikit berbeda dari Battle of Gods, tapi tetap serupa dan lebih mendetail.


Menarik juga ya sejarah di balik Super Saiyan God? Akira Toriyama sendiri tidak membocorkan seperti apa sosok Yamoshi, namun nama 'Yamoshi' itu sepertinya merupakan plesetan dari 'moyashi' alias taoge dalam bahasa Jepang.

Ada hal lucu lagi di balik cerita Yamoshi dan Super Saiyan God. Dalam wawancara dengan desainer karakter Battle of Gods Tadayoshi Yamamuro di situs Okstars.okwave.jp, Toriyama ngotot kalau wujud ini harus kelihatan tidak beda jauh dengan wujud biasa Goku, terutama perihal "tidak begitu berotot". Wah jadi sosok Super Saiyan God yang tidak berotot dan 'kurus' cocok dengan nama moyashi itu sepertinya, ya!

Mengikuti tema taoge itu, pengguna Twitter bernama @DBReduxTDC pun menggambar sosok Yamoshi, sang Super Saiyan pertama, dengan penampilan cupu dan mirip seperti Saitama! Wahaha, bagaimana menurutmu teman-teman, apakah kamu setuju kalau Saiyan legendaris itu punya sosok yang nggak keren?

Sumber gambar utama: Akira Toriyama/Shueisha/Toei Animation

Sumber: Kanzenshuu.com

FANPAGE FACEBOOK: Duniagames
INSTAGRAM: duniagames.co.id
Youtube: Dunia Games
LINE@: @duniagames

Voucher

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 1.500
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000
Garena Shell
Mulai dari harga
Rp 12.500

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}